1. Cara Pendekatan

Program aplikasi, pada dasarnya dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori :
  1. Program aplikasi untuk keperluan khusus dengan pengguna yang khusus pula (special purpose software).  Cara Pendekatan ini dilakukan dengan User centered design approach, dimana Perancangan Interface melibatkan Pengguna.
  2. Program aplikasi yang akan digunakan oleh banyak pengguna (general purpose software), yang juga sering dikenal dengan sebutan public software. Cara Pendekatan ini dilakukan dengan User design approach.

2. Prinsip dan Petunjuk Perancangan

a. Urutan Perancangan
  • Pemilihan ragam dialog
  • Perancangan struktur dialog
  • Perancangan format pesan
  • Perancangan penanganan kesalahan
  • Perancangan struktur data
 b. Perancangan tampilan berbasis teks
  • Urutan penyajian
  • Kelonggaran
  • Pengelompokan
  • Relevansi
  • Konsistensi
  • Kesederhanaan
c. Perancang tampilan berbasis grafis
  • Ilusi pada obyek-obyek.
  • Urutan visual dan fokus pengguna.
  • Struktur Internal.
  • Kosakata grafis yang konsistensi dan sesuai.
  • Kesesuaian dengan media.
d. Waktu tanggap

e. Penanganan Kesalahan, kesalahan di bagi menjadi 2 :
  • Kesalahan compile-time error
  • Kesalahan run time error atau fatal error

 3. Peranti Bantu Sederhana

Peranti bantu yang dijelaskan hanya berbentuk lembaran kertas kosong diberi nama dengan Lembar Kerja Tampilan(LKT) LKT yang disajikan atas empat bagian yaitu:
  1. Nomor lembar kerja
  2. Bagian tampilan
  3. Bagian navigator
  4. Bagian keterangan
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top